tips cara cepat belajar mengaji untuk dewasa

By | March 3, 2018

cara cepat belajar mengaji untuk dewasa 

Seiring bertambahnya usia, kita kadang merasakan perlu mempelajari ilmu agama lebih dalam. Terlebih lagi seandainya kita belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar. Padahal ketika usia kita bertambah, artinya umur semakin berkurang, dan tentunya yang sudah pasti akan kita hadapi adalah akhirat.

Tetapi yang jadi kendala, sangat minim sekali madrasah dan TPA yang dirancang untuk orang dewasa, sehingga niat kita untuk belajar dan mendalami Agama Islam kadang menjadi kandas lagi.

Lalu bagaimana solusinya agar kita bisa belajar mengaji dan agama islam di usia dewasa?

1. Mendatangkan guru ngaji ke rumah

Salah satu solusi terbaik adalah mendatangkan guru mengaji ke rumah, dengan mendatangkan guru mengaji ke rumah akan meningkatkan privasi anda. Guru mengaji akan mengajarkan anda secara privat mulai dari dasar, dan anda pun bisa meminta guru tersebut untuk mengajarkan pengetahuan agama islam lainnya seperti fiqh, tauhid, ibadah, dan pengetahuan agama islam lainnya. Dengan mendatangkan guru mengaji, anda bagaikan memiliki mentor pribadi yang siap menjadi guide anda mempelajari ilmu agama Islam.

Tetapi jangan salah memilih guru, pelajari latar belakang guru mengaji anda, mulai dari kualifikasi akademis, hingga latar belakang pendidikannya. Pastikan guru mengaji yang akan mengajar anda memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara kaffah. Untuk mendatangkan guru mengaji ke rumah, sekarang ini banyak sekali lembaga les privat yang menyediakan guru mengaji datang ke rumah.

2. Belajar mengaji secara otodidak

Di era teknologi digital seperti sekarang ini begitu mudahnya anda menemukan tutorial mengaji di Youtube, website E-Learning, dan beberapa media digital lainnya. Anda bisa memanfaatkan beberapa tutorial di dunia maya dan mempelajarinya di rumah. Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi digital yang tersedia untuk memudahkan anda belajar mengaji. Untuk melancarkan baca Al-Quran secara otodidak, anda bisa mendengarkan MP3 Al-Quran lalu mengikutinya dan membandingkan dengan bacaan anda. Lalu anda coba perbaiki terus bacaan anda sampai benar-benar lancar dan sesuai dengan kaidahnya.

BACA JUGA : les privat di jakarta 

les privat di jakarta selatan

3. Meminta diajarkan saudara dan teman

Salah satu cara lainnya adalah meminta diajarkan oleh teman atau saudara kita. Bahkan jika anak kita bisa membaca Al-Quran dengan baik, jangan ragu untuk meminta diajarkan oleh putra-putri kita. Dengan meminta saudara atau teman mengajarkan kita secara pribadi, kita bisa lebih leluasa belajar dan bertanya kepada mereka.

4. Belajar ke ustadz di Wilayah kita

Salah satu alternatif lainnya adalah kita yang datang ke tempat guru mengaji. Biasanya di komplek atau kampung tersedia guru mengaji yang mengajar anak-anak. Jangan ragu untuk meminta diajarkan mengaji kepada ustadz di lingkungan kita. Tentunya ustadz akan dengan senang hati untuk mengajar membaca Al-Quran, dan anda juga bisa meminta diajarkan pada waktu khusus selain pada jam-jam mengaji anak-anak TPA. les privat mengaji di jakarta

Intinya dalam belajar membaca Al-Quran, kita perlu kesungguh-sungguhan dan niat yang kuat. Belajar membaca Al-Quran tidak memandang umur dan usia. Siapapun bisa belajar asalkan bersungguh-sungguh.

Selain itu, tidak ada metode instant untuk bisa membaca Al-Quran, walaupun sekarang ini begitu banyak yang menjanjikan bisa baca Al-Quran dengan cepat, tentunya semuanya kembali kepada kemampuan belajar kita. dan kesungguh sungguhan kita dalam belajar. Karena dalam belajar membaca Al-Quran harus diawali dengan mengenal huruf hijaiyah, membaca per kata, membaca per kalimat, sampai anda bisa membaca Al-Quran dengan kaidah yang benar. Jangan sampai salah memilih guru mengaji, dan jangan sampai salah memilih sumber belajar. Kroscek terlebih dahulu latar belakang guru mengaji kita, dan media pembelajaran yang kita gunakan.

bersumber dari_www.kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *