strategi agar tidak salah masuk jurusan

By | April 27, 2018

hai guys selamat datang di JagoanPrivat.com kali ini jagoan privat akan berbagi bagi informasi bersama sama mencari ilmu saling memotifasi menginspirasi. strategi agar tidak salah masuk jurusan kuliah – Buat kamu yang punya rencana melanjutkan sekolah ke bangku kuliah, pasti sekarang masih bingung ya mau masuk jurusan apa? Nah, apa aja sih yang bisa kamu lakukan supaya bisa menemukan jurusan untuk kuliahmu nanti? Jagoan privat sudah mencoba rangkum nih buat kamu!

LIHAT DIRIMU , MINAT APA YANG SESUAI DENGAN HARI NURANI

Kenali perasaan dan keadaanmu baik-baik. Dalami dan cari tahu lebih dalam apa yang sebenarnya kamu sukai. Jurusan di kuliah itu adalah salah satu caramu untuk menyalurkan passion yang kamu inginkan. Kalau kamu bisa menemukan apa yang bisa kamu lakukan dengan senang hati, dijamin kamu tidak akan salah pilih jurusan!

Apakah jurusan itu memenuhi keinginan kecilmu untuk mahir di bidang itu?

Jawan 9 Pertanyaan Ini dengan Jujur Biar Kamu Gak Salah Jurusan

Mudah sebenarnya untuk menemukan tujuanmu dalam melakukan sesuatu. Tidak perlu jauh-jauh menentukan cita-cita yang sulit. Mulailah dari keinginan kecil. Contohnya, kamu ingin bisa lebih dekat dengan keluargamu yang selama ini tidak akur, kamu bisa coba kuliah di jurusan komunikasi dengan maksud belajar cara membangun komunikasi dengan baik.

3. Pikirkan sejenak, prospek kerja apa yang dimiliki jurusan tersebut?

Jawan 9 Pertanyaan Ini dengan Jujur Biar Kamu Gak Salah Jurusan

Biasanya kalau sudah bertemu dengan jurusan yang kamu minati, masih ada satu jalan lagi yang harus dilewati yaitu: mendapat restu dari orangtua. Umumnya, banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk kuliah di jurusan yang punya prospek kerja nantinya. Tapi ketika keinginanmu tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, jangan menyerah dulu! Coba yakinkan mereka dengan berbagai prospek kerja yang jurusan itu miliki, gali semua potensinya! baca juga les privat di jakarta pusat

4. Adakah nilai-nilai tertentu yang ingin kamu pertahankan?

Jawan 9 Pertanyaan Ini dengan Jujur Biar Kamu Gak Salah Jurusan

Nilai-nilai ini biasanya menjadi patokanmu dalam menentukan sesuatu seperti yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan atau religius. Misalnya, kamu ingin nantinya bisa memberikan pengobatan gratis untuk orang-orang yang terkena kanker atau mengabdikan hidupmu untuk menjaga lingkungan. Kamu bisa pilih ilmu kehutanan atau kedokteran.

5. Apa kamu sudah bertekad kuat dan memiliki komitmen sebelum masuk dalam jurusan yang diinginkan?

Jawan 9 Pertanyaan Ini dengan Jujur Biar Kamu Gak Salah Jurusan

nah sekarang kita lihhat manfaat kuliah untuk masa depan

1. Kemandirian Finansial

Gelar sarjana yang di tangan akan menjadi jaminan untuk mendapatkan kemandirian finansial, masa depan yang aman dan lebih baik, serta masa depan yang stabil. Setidaknya gelar sarjana mengantarkan kita untuk semakin dekat dengan masa depan impian kita. Masa depan impian akan mudah diraih berkat bekal ilmu dan keterampilan praktis yang telah didapatkan selama berada di bangku perkuliahan.

2. Lebih percaya diri

Masa depan memang tidak bisa kita ketahui, setiap saat kondisi dapat berubah. Oleh karenanya kita harus selalu siap untuk menghadapinya. Dan dengan pendidikan tinggi yang kita dapatkan di bangku kuliah dulu dapat kita jadikan modal untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam meraih masa depan.

3. Pendidikan tinggi memberikan peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan yang terbaik

Dengan memiliki ilmu dan keterampilan praktis yang didapatkan saat kuliah dulu, kita akan mendapatkan peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan kesempatan kerja yang baik dan sesuai dengan keahlian kita.

4. Jaminan penghasilan tetap

Bayangkan jika anda mendapatkan pekerjaan yang baik dan mapan berkat ilmu anda. pastinya anda telah mendapatkan jaminan, tepatnya jaminan penghasilan tetap untuk anda dan keluarga anda.

5. Gelar sarjana bisa menjadikan anda master untuk hidup anda sendiri

Orang yang memiliki pendidikan tinggi mempunyai banyak waktu luang dan pilihan soal peluang karir.

6. Dengan kuliah, kemungkinan ada kecenderungan bagi anda untuk menjadi pemikir bebas

Dengan pengalaman anda di bangku kuliah, anda pastinya mampu menganalisa, mengeneralisasikan, serta menyimpulkan fenomena yang ada di tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal anda. Hal in dapat membantu anda memahami tentang makna hidup.

7. Mewujudkan impian terbesar anda

Setiap orang pasti punya mimpi. Dengan bekal ilmu yang tinggi, anda dapat menjadikan mimpi-mimpi anda menjadi kenyataan.

8. Memperluas Pengetahuan

Pendidikan tinggi dapat memperluas pengetahuan,  memperajam sifat kritis anda, dan meningkatkan rasa percaya diri anda.

9. Membentuk Kepribadian

 Kuliah menjadi bagian dari pengalaman untuk membentuk kepribadian seseorang.

10. Menjadikan Hidup Lebih Mandiri

Poin yang satu ini pasti anda sangat setuju. Selama menjalani masa studi di bangku perkuliahaan, khususnya di universitas/ perguruan tinggi/ sekolah tinggi di luar kota, kita pastinya akan hidup terpisah dengan keluarga tercinta. Kondisi ini menjadikan kita harus hidup mandiri. Kita menjadi belajar bagaimana cara memenej keuangan kita tiap bulannya, memenuhi kebutuhan kita sendiri, mengurusi diri sendiri, dan bahkan ada yang mencari  nafkah sendiri guna dijadikan tambahan finansial selama kuliah.

11. Mendapatkan pengalaman kerja

Nah, untuk poin yang satu ini khusus ditujukan bagi anda yang pernah menjalani kuliah sambil bekerja. Dengan pengalaman kerja yang anda miliki, anda akan jauh lebih siap ketika anda benar-benar masuk ke dunia kerja  yang sesungguhnya pasca lulus kuliah. Anda pun sudah mengetahui seluk-beluk dunia kerja. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan anda.

12. Pandai mengatur waktu

Masa kuliah akan melatih anda untuk pandai mengatur waktu. Apalagi kuliah sambil kerja. Kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah. Anda harus dapat mengatur waktu kapan anda kuliah, belajar, bekerja, dan istirahat.  Jika anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik, baik kuliah maupun kerja anda akan berantakan.

13. Pacar ? Istri ? Yah Saat Kuliah

Tidak sedikit orang yang mendapatkan pasangan hidupnya semasa kuliah. Tidak percaya ? lihat saja sekeliling anda. Mungkin ada banyak pasangan yang bertemu dan pacaran saat kuliah. Manfaat kuliah satu ini kadang dilewatkan, namun memang cukup ampuh bagi para lajang.

Manfaat kuliah paling penting adalah untuk masa depan, saat ini hampir TIDAK ADA LAGI perusahaan yang saat mencari pegawai syaratnya bukan S1 atau D3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *